Hasil Rakernas, Ketum PRSI Anin Bakrie Lakukan Kerjasama Dengan Kementrian Hingga BUMN Guna Sukseskan DBON
ASSO
M.Akbar
06 December 2021
Renang

Ketua Umum PB PRSI PRSI, Anindya Bakrie lakukan reformasi melalui Rakernas 2022

Rapat Kerja Nasional Tahun 2022 PB PRSI menghasilkan ide dan beberapa keputusan bagaimana PRSI turut andil dalam mensukseskan Desain Besar Olahraga Nasional atau DBON yang tertuang dalam Perpres Nomor 86 tahun 2021. 

Rakernas PRSI 2022 diikuti 34 Pengurus Provinsi se-Indonesia berlangsung di Bali, 4-5 Desember 2021 resmi dibuka Menpora Zainudin Amali secara virtual. Acara dihadiri Ketua Umum NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, Ketua KONI Pusat yang diwakili Ketua III KONI Pusat Drs H. Tursandi Alwi SH, MM. 

Hasil rakernas diantaranya membahas cabor renang menjadi salah satu dari 14 cabor yang masuk program unggulan DBON, yang tertuang dalam Perpres No.86 tahun 2021. 

DBON adalah dokumen rencana induk yang berisikan arah kebijakan pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional yang dilakukan secara efektif, efisien, unggul, terukur, sistematis, akuntabel dan berkelanjutan dalam lingkup olahraga rekreasi, olahraga prestasi dan industri olahraga. 
Dalam DBON juga terdapat target untuk berprestasi di ajang internasional seperti Olimpiade. Diharapkan pada Olimpiade ke Olimpiade dimana peringkat Indonesia semakin naik dan terus meningkat. Ujungnya, tepat 100 tahun Indonesia merdeka atau pada Olimpiade 2044 peringkat Indonesia ditargetkan di posisi 5 besar dunia. 

"Rakernas kali ini benar-benar mencoba melakukan reformasi akuatik Indonesia berbarengan dengan DBON. Ini menjadi landasan kita untuk mereformasi lebih jauh lagi. Renang masuk progran DBON dan berusaha keras renang bisa masuk Olimpiade tidak dengan jalur undangan melainkan lolos kualifikasi dengan limit yang ditetapkan," papar Anin Bakrie. 

Dalam rangka DBON, lanjut Anin Bakrie, PRSI juga telah melakukan kerjasama dengan beberapa kementrian hingga BUMN. 
"Kita juga jajaki dengan Kemendikbud, lalu open water ada dengan TNI AL dan Kemenparekraf. Terima kasih juga denngan Menpora, NOC Indonesia dan KONI yang terus memberi dukungan. Kita semua sudah sama bagaimana membawa Indonesia bangga dengan olahraganya dan PRSI fokus pada akuatik," jelas Anin. 

selanjutnya PB PRSI akan menggelar Indonesia Open Swimming Championship yang berlangsung di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Jakarta, 9-12 Desember 2021. IOSC ini berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Link Copied