Musornaslub KONI 2022 Tetapkan NTT dan NTB Tuan Rumah PON 2028
Agus Susanto
13 September 2022
Renang

Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa atau Musornaslub KONI Pusat 2022 telah menetapkan PON XXII Tahun 2028 berlangsung di dua daerah Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. 

Ini diputuskan dalam Musornaslub KONI Pusat 2022 yang berlangsung di Hotel Sultan Jakarta, Selasa 13 September 2022. 

"Kita baru saja menyelenggarakan Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa yang menentukan tuan rumah Pekan Olahraga Nasional ke-22 Tahun 2028, yang terpilih adalah NTT dan NTB sebagai tuan rumah. Proses ini harus dilakukan enam tahun sebelum pelaksanaannya dan melalui proses yang cukup panjang, semua telah dilalui prosesnya,” kata Ketum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman. 

Turut hadir Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc. didampingi oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB. 

"Ini merupakan perjuangan yang tidak mudah, namun dengan kerja keras dan kekompakan kita bersama, amanah Tuan Rumah PON XXII Tahun 2028 di serahkan kepada kita. Menjadi Tuan Rumah PON XXII Tahun 2028 adalah kerja besar, Kita akan kedatangan banyak sekali tamu dan menggerakkan bukan hanya pariwisata namun ekonomi juga secara keseluruhan. Oleh karena itu perlu kita berbenah dan perbaiki," jelas Zulkieflimansyah. 

Usai Musornaslub KONI ini, tahap selanjutnya  yaitu Pemerintah Provinsi NTB bersama KONI NTB akan mempersiapkan segala sarana dan prasarana.  Sarana dan prasarana penunjang PON tersebut ada yang sudah tersedia dan ada yang memerlukan perbaikan-perbaikan, termasuk juga merencanakan pembangunan fasilitas yaitu GOR baru. Persiapan tersebut dilakukan dengan menggunakan berbagai sumber anggaran seperti bantuan pusat dari APBN, APBD provinsi, APBD kabupaten dan kota dan sponsor serta dana pihak ketiga yang sifatnya sah dan tidak mengikat.

PON XXII tahun 2028 yang diberi nama PON Nusa Tenggara sesuai kesepakatan kedua provinsi akan mempertandingkan 54 cabang olahraga. Masing-masing provinsi akan menggelar 27 cabang olahraga.

Sebelumnya pada Musornaslub KONI 2022, Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) Calon Tuan Rumah PON XXII Tahun 2028 mengawali dengan menyampaikan laporan. Provinsi yang mendaftarkan diri, hanya NTB dan NTT. Kedua provinsi tersebut berkomitmen menjadi tuan rumah bersama yang dituangkan dalam suatu berkas pada awal tahun 2022.

Cabor yang akan dipertandingan di NTB antara lain Aerosport, Anggar, Atletik, Balap Sepeda, Berkuda, Bermotor, Bola Basket, Bola Voli, Dance Sport, Futsal, Golf, Hoki, Judo, Karate, Kickboxing, Kurash, Menembak, Muaythai, Panahan, Panjat Tebing, Pentaque, Selancar, Selam, Sepatu Roda, Soft Tennis, Tarung Derajat, dan Triathlon.

Sedangkan Cabor yang akan dipertandingkan di NTT adalah Angkat Besi, Akuatik, Biliard, Bola Tangan, Binaraga, Bridge, Bulutangkis, Catur, Cricket, Dayung, E-sport, Gateball, Gulat, Hapkido, Layar, Pencak Silat, Rugby, Senam, Sepak Bola, Sepak Takraw, Kempo, Taekwondo, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Tinju dan Wushu.

Link Copied