PB PRSI & FINA Bekerjasama Gelar FINA Open Water Swimming Certification School For Official di Bali
Agus Susanto
Tim Dokumentasi PRSI
05 June 2022
Renang Perairan Terbuka

Bali,
Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia atau PB PRSI bekerjasama dengan Federasi renang dunia atau FINA menggelar pelatihan offial renang perairan terbuka.

Event bertajuk FINA Open Water Swimming Certification School For Official ini berlangsung di Hotel Prama Sanur Beach, Bali, 3-4 Juni 2022 . 

Ketua Panitia Eko Purwandari mengatakan event ini diikuti 54 peserta dari 14 provinsi di Seluruh Indonesia serta satu peserta dari Filipina. 
"Cukup senang karena diluar dugaan peserta terus bertambah. Ini artinya renang perairan terbuka semakin bisa digemari akan akan terus berkembang di Indonesia," ucap Eko yang diamini Nurul. 

Kegiatan dibuka Liza Garnita Januar sebagai perwakilan PB PRSI. "Semoga kegiatan ini bisa menambah pengetahuan para official di Indonesia bagaimana membuat sebuah kejuaraan renang perairan terbuka dengan baik dan mengutamakan keselamatan. Jadi para peserta usai mengikuti FINA School ini bisa kembali ke daerah dan menerapkan ilmu yang didapat di daerah masing-masing," papar Liza Januar. 

FINA kali ini mengirim pengajar dari Malaysia Mr. Yew Siang Soh, member of FINA Technical Open Water Swimming Committee & AASF Technical Open Water Swimming Committee. 

"Selama saya mengajar dua hari bertemu dengan peserta dari berbagai provinsi di Indonesia. Saya sangat senang mereka punya antusias sangat tinggi mengikuti pelajaran yang diberikan. Mereka mampu menafsirkan sekaligus mengerti bagaimana membuat sebuah event OWS baik di tingkat nasional maupun internasional," jelas Mr Soh dengan dua bahasa yakni Inggris dan Indonesia. 

Selama dua hari, para peserta diberikan materi bagaimana mengelola sebuah kegiatan mulai dari awal hingga akhir. Termasuk bagaimana mengutamakan keselamatan para perenang di renang perairan terbuka termasuk di laut, sungai, danau atau bendungan. 

"PB PRSI mengucapkan terima kasih kepada FINA dan juga Mr Yew Siang Soh, serta panitia dan peserta yang telah hadir. Semoga semakin banyak official yang bersertifikat dari Indonesia untuk bisa memajukan renang perairan terbuka di Indonesia," ucap Wakil Ketua Umum PB PRSI, Harlin E. Rahardjo. 

Seperti diketahui Indonesia merupakan negara Kepulauan terbesar di dunia memiliki 17.499 pulau dan sebesar 62% luas Indonesia adalah laut dan perairan.

Link Copied