PON XX, Sulawesi Selatan Kembalikan Kejayaan Renang Artistik
ASSO
PB PON XX Papua
02 December 2021
Renang Indah

Tim Sulawesi Selatan meraih medali emas di nomor duo. Foto : PB PON XX Papua

Perolehan medali emas cabang renang artistik pada PON XX Papua, tiga daerah berbagi medali emas yakni Sulawesi Selatan, Jawa Timur dan DKI Jakarta. 

Kekuatan ketiganya cukup merata masing-masing memperoleh satu medali emas pada lomba yang berlangsung di Stadion Akuatik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, 4-7 Oktober 2021. 

Kontingen Sulawesi Selatan berhasil mengembalikan kejayaan renang artistik setelah keluar sebagai juara umum dengan raihan 1 emas, 1 perak dan 1 perunggu. 
Peringkat dua ada Jawa Timur dengan 1 emas, dan 1 perak serta ketiga DKI Jakarta dengan 1 emas dan 1 perunggu. Kontingen DI Yogyakarta menempati peringkat keempat berhasil menyabet 1 perak melalui atletnya berusia 16 tahun Nabilah Umarela. 

Tim Sulsel berhasil meraih medali emas dari nomor duet melalui tim Mutiara Nur Azisah, Nabila Putri Giswatama dan Nurfa Nurul Utami. Medali perak Sulsel diraih melalui nomor beregu dan perunggu nomor solo. 

Pelatih renang artistik Sulsel, Shelvi Melowa, mengaku bangga dengan pencapaian anak didiknya, terlebih atlet lokal mereka masih berusia muda. 
"Tentu saya bangga dengan mereka. Selama ini kami terus melakukan persiapan dan berlatih meski di tengah pandemi. Yang lebih membanggakan, sebagian besar masih muda yang artinya pembinaan di Sulsel berjalan baik," ucap Shelvi. 

Sedangkan Jawa Timur meraih medali emas dari Livia Lukito di nomor solo serta perak nomor duet melalui pasangan Livia dan Shabrina Septiherlita. 

DKI Jakarta di peringkat tiga dengan meraih satu medali emas di nomor beregu pada hari terakhir. 

Link Copied