Sejarah Kali Pertama, Adityo Restu Putro, Raih 5 Emas Loncat Indah Di PON XX
Agus Susanto
M.Akbar
02 December 2021
Loncat Indah

Adityo Restu mencetak sejarah dengan meraih lima medali emas di ajang PON XX Papua.

Prestasi fenomenal ditunjukan Adityo Restu Putro, atlet pelatnas yang membela DKI Jakarta ini membuat sejarah baru loncat indah pada pagelaran PON XX Papua di Stadion Akuatik, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, 10-14 Oktober 2021.

Adityo menjadi orang pertama dalam sejarah loncat indah yang mampu meraih lima medali emas dalam satu kali PON. Dengan raihan Adityo, kontingen DKI Jakarta menjadi juara umum cabang loncat indah dengan raihan 5 emas, 5 perak dan 5 perunggu. Kedua Kontingen Jawa Timur dengan 5 emas, 3 perak dan 2 perunggu. Ketiga Papua dengan 1 emas, 2 perunggu dan keempat Sumatera Selatan 2 perak, 3 perunggu. 

"Saya tidak menyangka bisa mengoleksi lima medali emas, apalagi mencetak sejarah. Saya hanya fokus pada setiap loncatan dan memberikan yang terbaik. Alhamdulillah kado kecil untuk keluarga baru saya," ucap Adityo yang baru saja memiliki anak. 

"Kalau saya lihat Adit semakin matang setelah berkeluarga. Lebih tenang. Selain itu ini juga buah dari kerja tim dari kontingen DKI mulai dari tim recovery, pelatih dan juga dari KONI DKI," papar Pelatih Harly Ramayani.

"Waktu PON sebelumnya hanya ada 3 kategori lomba dan yang sempat sapu bersih 3 emas yakni Husaini Noor dan Dwi Mariastuti.  Sejak 2004 melombakan lima nomor, ini baru kali pertama seorang atlet sapu bersih lima emas. Selamat buat Adityo, semoga bisa jadi inspirasi para juniornya," kata Pelatih DKI Jakarta, Pranarta. 

Lima medali emas Adityo diraih melalui nomor nomor synchro menara berpasangan dengan Andriyan di hari pertama, lalu hari kedua dari nomor synchro papan 3 meter  berpasangan dengan Tri Anggoro. 
Pada hari ketiga nomor perorangan papan 1 meter putra, hari keempat nomor perorangan menara putra dan hari kelima melalui nomor papan 3 meter putra. ***

Link Copied